My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Kamis, 11 Maret 2010

waspadai badai matahari tahun 2012

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperingatkan badai matahari yang akan melanda bumi pada tahun 2012. Badai matahari ini bisa dilihat lewat gejala alam yaitu bertambahnya bintik hitam (sun spot) pada matahari.

Kendati begitu, badai matahari ini tidak akan berbahaya secara langsung bagi kehidupan manusia. Peneliti LAPAN Sri Loka Prabotosari kepada okezone menjelaskan, badai ini merupakan siklus yang terjadi setiap sebelas tahun sekali.

Meski tak berbahaya, badai ini bisa merusak sistem teknologi seperti satelit komunikasi, sistem navigasi, dan mungkin hingga ke pembangkit listrik. "Partikel-partikel akibat ledakan sun spot akan merusak solar sel yang ada pada satelit komunikasi, akibatnya komunikasi mati total, sistem perbankan (ATM) juga akan mati, jika satelit komunikasi terkena.

Efek negatif bagi sistem teknologi ini disebabkan oleh pecahan partikel seperti elektron, ion dan proton akibat letusan dari bintik hitam di matahari. Meski jarak antara bumi dengan matahari sejauh 150 juta kilometer, namun partikel tersebut tetap akan mengenai lapisan bumi.

Sumber : News okezone.

0 komentar:

Posting Komentar