My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Senin, 22 Maret 2010

PENTINGKAH BELAJAR IT??????

Genderang dunia IT semakin kencang ditabuhkan. Semua aspek kehidupan tak luput dari gema dan resonansi yang dibunyikan oleh perkembangan dunia teknologi informasi.
Dalam era yang serba komputerisasi, digital, online dan sebagainya yang cepat dan dinamik ini telah memberikan transformasi kehidupan manusia, salah satunya dunia bisnis. Tak bisa dipungkiri siapa saja yang tak sanggup dan reaktif terhadap kemajuan dunia IT maka akan semakin maju dan melesat dengan cepatnya. Dalam bisnis maka ada cerita lucu dan inspiratif yang mendeskripsikan betapa pentingnya mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi yang terjadi pada kasus maskapai penerbangan di Indonesia ,yaitu antara maskapai A dan maskapai B (Nama Perusahaan Dirahasiakan). Dahulu Perusahaan A adalah Raja maskapai di Indonesia karena nama besar dan nilai sejarah yang telah melekat. Namun, pada beberapa tahun kedepannya perusahaan A ini mendapatkan saingan bisnis dari Perusahaan B yang notabene masih belia. Namun, dalam prosesnya Perusahaan A mendapatkan total yang menurun dan terjun bebas akibat market yang terus tergerus. Padahal perusahaan tersebut tetap menjaga reputasi bisnisnya seperti normal, tanpa ada cacat atau kesalahan fatal Lalu, apakah yang sebenarnya terjadi …? usut punya usut ternyata Perusahaan B secara reaktif dan adaptif telah mengikuti arus informasi yang ada, yaitu “PERLUNYA TRANSFORMASI BISNIS”, dalam hal ini Perusahaan B melakukan metode yang tidak dimiliki oleh Perusahaan A, yaitu online service E-Commerce, Transaction Processing Systems, Online Ticketing Service. Naas bagi perusahaan A yang “Lambat” dalam mengikuti kemajuan ini sehingga market yang selama ini menjadi hegemoninya telah berpaling pada perusahaan B. Oleh sebab itu Perusahaan Tua ( Perusahaan A) tersebut langsung “kebakaran jenggot” dan mulai menanggapi kelambatannya dengan melakukan Transformasi dalam usaha bisnisnya untuk mengimbangi kecepatan perusahaan B tersebut.
Dalam mekanisme yang terjadi sebenarnya Perusahaan B ini tidaklah sekuat dan sehebat Perusahaan A dalam pertarungan. Namun yang perlu menjadi catatan adalah keberaniannya untuk melakukan transformasi usaha yang dilandasi “KEAHLIAN MEMBACA PERKEMBANGAN PASAR”.Dalam beberapa tahun terakhir ternyata survei membuktikan bahwa:
1) Jumlah pengguna internet Indonesia : 25 juta pengguna
2) Pengguna Internet Indonesia tumbuh 1000 persen
melihat dari data - data diatas dapat di pastikan bahwa “INTERNET MENJADI SURGA BISNIS” yang perlu dilirik dan ditanggapi secara serius melihat potensinya yang luar biasa. Bahkan orang sekaliber Bill Gates pun mengatakan bahwa “REVOLUSI INFORMASI BARU DIMULAI”
Hal diatas adalah cerita kecil tentang pentingnya dunia IT dalam bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar