My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 21 Maret 2010

PERMINTAAN(DEMAND)

Permintaan adalah ungkapan keinginan dan kemampuan seorang pembeli untuk memperoleh jumlah tertentu dari suatu barang dalam berbagai kemungkinan harga yang pembeli mungkin dapat tawarkan. Permintaan dapat dianggap sebagai suatu daftar harga dan jumlah dalam pikiran pembeli.
Penyalur di Pasar Bursa New York selalu memegang sebuah buku di mana setiap pesanan dari berbagai nasabah dimasukkan ke buku itu berapa banyak saham dan berapa harganya. Daftar seperti itu adalah suatu gambaran dari apa yang investor inginkan dan apa yang mampu dibeli.

HUKUM PERMINTAAN adalah `Hukum ekonomi berlaku ceteris paribus (diluar obyek yang diselidiki, keadaannya tetap tidak berubah). Singkatnya hukum permintaan adalah :
“ Permintaan akan bertambah apabila harga turun dan akan berkurang apa bila harga naik”
Hukum permintaan tersebut dilatari oleh kenyataan bahwa orang harus memenuhi kebutuhannya sebatas anggaran atau pendapatan tertentu. Muncul masalah disini mengapa manusia harus memenuhi berbagai kebutuhan, sementara anggaran yang dimilikinya terbatas? Alasannya, setiap benda pemenuhan kebutuhan mempunyai kegunaan (utilitas)nya masing-masing sehingga orang akan berupaya memenuhi kebutuhan dengan menyamakan pertambahan kegunaan (utilitas marginal) benda pemuas kebutuhanyang dikonsumsinya.

Seandainya kita ingin mengambil sebuah contoh produk yang ada dipasar, semakin pesatnya kebutuhan terhadap teknologi pada zaman sekarang masyarakat sangat membutuhkan sebuah benda untuk menyimpan data yaitu flashdisk. Perlu kita ketahui bahwa harga dan model pada setiap tahunnya akan berubah,itu disebabkan permintaan yang semakin meningkat oleh konsumen,dan produsen juga berlomba-lomba menciptakan bentuk dan ornamen yang menarik perhatian para konsumen. Disamping harga yang jauh lebih murah dari pada sebelum permintaan konsumen melunjak juga warna yang semakin variatif membuat para konsumen semakin yakin ingin membeli flashdisk tersebut. Dari contoh diatas kelihatan bahwa hukum permintaan berlaku:yaitu permintaan akan bertambah apabila harga turun dan begitu juga sebaliknya permintaan akan berkurang apabila harganya naik.

Selain itu ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi barang yang diminta antara lain:
Harga barang itu sendiri : harga barang mempengaruhi jumlah barang yang diminta.apabila harga naik maka permintaan akan turun.
Selera konsumen : disini konsumen ingin memilih bentuk dan warna flashdisk yang mereka gemari,apabila variasi dari barang tersebut lebih banyak maka akan meningkatnya juga permintaan dari konsumen.
Harga barang lain : apabila ada barang lain yang lebih bagus dan harganya terjangkau dan kegunaannya sama maka konsumen akan beralih kepada barang tersebut.
Penadapatan : besar kecilnysa pendapatan sangat mendukung permintaan meningkat atau menurun, apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintaan juga akan meningkat dan begitu juga sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar