My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 13 Februari 2011

IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER.

Jaringan lokal atau Local Area Network adalah sekumpulan dua atau lebih komputer yang berada dalam batasan jarak lokasi satu dengan yang lain, yang saling terhubung langsung atau tidak langsung. LAN dibedakan atas cara komputer tersebut saling terkoneksi, baik secara logik maupun fisik. Komputer dalam sebuah LAN bisa berupa PC, Macintosh, Unix, Minicomputer, Mainframe ataupun hardware lain dengan arsitektur yang berbeda, walaupun ada batasan dalam setiap mesin untuk saling terkoneksi dengan mesin lain berupa batasan fisik dan logik.
1. Jaringan komputer didunia bisnis. 
Jaringan komputer di dunia bisnis digunakan untuk mempersempit jarak bisnis online seperti e-commerce sehingga dapat dijangkau dengan luas di dunia maya. Dapat juga digunakan untuk melakukan komunikasi antar employees dengan efektif dan efisien, dengan menggunakan video call atau sejenisnya.


2 . Jaringan komputer di user mobile
Jaringan komputer di bidang ini di gunakan untuk mempermudah user untuk mengakses internet di mana pun mereka berada, bisa juga menggunakan handphone yang memiliki wireless dengan cara mengirimkan data melalui udara tanpa kabel. Sebagai “portable office” misalnya user menggunakan alat elektronik seperti HP untuk mengirim dan menerima telepon, faxes, elektronik mail dll.


3. Jaringan komputer dirumah.
Jaringan komputer dirumah  dapet menggunkan modem untuk mengakses internet,agar lebih dan peraktis.
Jaringan komputer dapat juga diimplementasikan di rumah untuk meningkatnya koneksi internet berkecepatan tinggi di rumah, mempraktiskan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan di rumah, seperti membuat koneksi peer to peer untuk bermain game dengan keluarga. Atau bisa juga unuk keamanan rumah dengan cara development oleh server kemudian didistribusikan ke client termasuk didalamnya; database, security, trends dan alarm. HMI tersebut diaplikasikan pada Miniatur Sistem Keamanan Kompleks Perumahan. Miniatur kompleks perumahan terdiri dari perangkat-perangkat switch sebagai tombol emergency, stepper motor sebagai gate, proximity inductance switch sensor, LED sebagai lampu jalan. Miniatur ini dikontrol oleh HMI pada jaringan komputer dengan memberikan perintah melalui jaringan Programmable Logic Controller (PLC). Jaringan komputer server-client yang digunakan berskala Local Area Network (LAN). Pengujian waktu menggunakan kabel RS485 sepanjang 20 meter berkisar 2,585 detik untuk menyalakan lampu dan 13,441 detik untuk membuka gate. Pengujian waktu respon emergency alarm berkisar 10,931 detik.


4. Jaringan komputer dibagian perbankan.
Segala aktifitas perbankan menggunakan komputer untuk mempermudah nasabah bertransaksi antar nasabah, selain komputer ada juga ATM yang dapat di gunakan sebagai salah satu media transaksi tarik tunai. Komputer di perbankan saling berhubungan antara komputer 1 dengan yang lain, agar dapat mempermudah pegawai mengakses file – file nasabah.


0 komentar:

Posting Komentar