My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Kamis, 12 November 2009

Komunikasi dalam suatu organisasi

komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.
Dibawah ini ada beberapa pendapat yang mendifinisikan komunikasi secara terpisah diantaranya:
1.Keith davis, komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari suatu orang keorang yang lain.
2.Chester I Barnard,komunikasi adalah suatu alat dimana orang-orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.
3.Koontz O’Donnell,komunikasi adalah sebagai suatu pemindahan informasi dari satu orang keorang yang lain.
Dari ketiga pendapat diatas bisa disimpulkan bahwa didalam komunikasi harus mencakup tiga hal penting agar komunikasi tersebut berhasil baik:
1.Harus ada sipembawa berita atau biasa disebut komunikator(sender).
2.Harus ada sipenerima berita atau biasa disebut komunikan (receiver).
3.Berita atau informasi yang akan disampaikan.
Dalam suatu organisasi komunikasi dilakukan untuk menyampaikan berita,perintah dari atasan,pemberitahuan kebijaksanaan perusahaan,ataupun untuk menanggapi masalah bawahan atau keluhan bawahan. Dengan demikian keluhan,masalah maupun informasi yang diperlukan antar karyawan maupun antar atasan-atasan bisa dilakukan/diselesaikan dengan baik.
Biasanya seseorang yang melakukan komunikasi dengan seseorang mempunyai tujuan yang berbeda-beda tergantung pada maksud pribadi seseorang. Seseorang yang melakukan komunikasi dengan orang lain bisa bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang yang menerima berita tersebut, bisa juga seseorang yang melakukan komunikasi dengan orang lain karena bertujuan untuk memperoleh berita yang diperlukan dalam melaksanakan pekerjaannya tetapi juga bisa seseorang yang melakukan komunikasi dengan orang lain karena bertujuan untuk merundingkan sesuatu atau musyawarah untuk mencapai persetujuan diantara mereka.
Komunikasi bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
1.Komunikasi langsung yaitu komunikasi yang dilakukan dengan menyampaikan berita ,laporan maupunperintah antara sipengirim berita(komunikator) kepada sipengirim berta(komunikan) dilakukan secara langsung, sehingga kalau sipenerima berate melakukan respon umpan balik yang terjadi juga diteriam oleh sipengirim berita juga secara langsung(pada saat itu juga).
2.Komunikasi tidak langsung yaitu komunikasi yang terjadi jika menyampaikan berita tidak dilakukan secara langsung, hanya melalui orang lain ataupun secara tertulis. Komunikasi ini mengakibatkan komunikasi yang tertunda.
3.Komunikasi horizontal yaitu komunikasi ini terjadi apabila pesan, berita laporan maupun informasi yang disampaikan oleh si komunikator kepada si komunikan bertujuan untuk mejalin hubungan baik dengan sesama karyawan maupun bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam bekerja sama.
4.Komunikasi formal yaitu komunikasi yang dilakukan sesama anggota organisasi disesuaikan dengan urutan/tingakatan dalam stuktur organisasi.
5.Komunikasi informal yaitu komunikasi yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi. Biasanya disebarkamn melalui desas-desus atau kabar angin dari mulut ke mulut dalam suatu organisasi diamna kebenarannya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar