My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Kamis, 12 November 2009

Bahaya Mercury Dan Hydrokinon

Menjadi cantik adalah keinginan semua wanita. Banyak cara digunakan untuk terlihat lebih cantik dengan pemakaian make up, rambut diwarnai, memakai sabun dan perawatan kulit pencerah wajah atau pemutih kulit. Akan tetapi mereka tidak pernah memikirkan bahaya yang mereka dapatkan apabila salah memilih produk yang mereka gunakan. Banyak kosmetik yang mengandung bahan mercury,pasti sudah banyak yang tahu apa sih itu mercury?
Bahasa umum mercury adalah air raksa dan bersifat karsinogenik, Biasanya terdapat dalam alat pengukur termometer, kebayangkan bahayanya kalo menempel diwajah yang mulus. Sementara pewarna Rhodamin B merupkan pewarna pakaian, masa dipakai untuk muka dan rambut,yang seharusnya pewarna Rhodamin hanya dipakai untuk mewarnai pakaian. Buka marah jadi cantik tapi malah membuat wajah menjadi iritasi.

Kosmetik bermerkury berkhasiat memutihkan kulit gelap tapi berbahaya karena bisa mengakibatkan iritasi, pigmentasi, dan penuaan kulit sejak dini.
Orang berkulit gelap mempunyai zat warna (pigmen) kulit dikenal sebagai melanin, lebih banyak ketimbang orang berkulit putih. Produksi melanin dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Itulah sebabnya, kalau kita sering terkena sinar matahari, kulit menjadi lebih gelap.
Melanin bermanfaat membantu menahan sinar ultraviolet agar tidak merusak kulit dan menimbulkan kanker kulit. Tapi, banyak wanita yang ber kulit gelap, lalu menggunakan kosmetik pemutih, yang kebanyakan mengandung merkury. Sehingga menyebabkan jumlah melanin pada kulit berkurang. Namun, merkuri yang dioleskan pada kulit akan bereaksi dengan sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan iritasi, pigmentasi, dan penuaan kulit sejak dini. Merkuri dapat merusak secara permanen organ saraf, ginjal, liver (hati), dan lain-lain. Penggunaan kosmetik bermerkuri oleh ibu hamil, bisa berakibat janin mengalami kerusakan otak dan kecacatan lainnya.

Namun pada tanggal 11 Juni 2009, kepala BPOM Dr. Huniah Rubiana Thamrin Akib, MS, M Kes, SpFk, mengeluarkan Publik Warning NO. KH.00.01.43.2503 mengenai penarikan peredaran 70 item kosmetik yang mengandung bahan berbahaya / bahan dilarang Merkuri, Hidrokinon, Asam Retinoat, Zat Warna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075).
70 item tersebut terdiri dari: 18 produk Kosmetik Rias Wajah dan Rias Mata Mengandung Bahan Berbahaya/ Bahan Dilarang, 7 produk Kosmetik Pewarna Rambut Mengandung Bahan Berbahaya/ Bahan Dilarang, 1 produk Kosmetik Sediaan Mandi Mengandung B.Yang terbanyak adalah 44 produk Kosmetik Perawatan Kulit Mengandung Bahan Berbahaya / Bahan Dilarang ahan Berbahaya / Bahan Dilarang.
Oleh sebab itu sebagai wanita yang pintar,memakailah produk yang memang benar aman dan tidak menimbulkan kerusakan pada wajah kita. Sudah banyak yang menjadi korban akan kosmetik yang mengandung mercury bukan jadi cantik akan tetapi malah menjadi iritasi dan gatal-gatal,bahkan ada yang terkena kanker kulit dan kanker otak karena kosmetik tersebut.

3 komentar:

narendra mengatakan...

wah makasih yaaa....gw juga terpaksa ngblog krn tugas...btw salam knl yaaa

Uyoeng ajja mengatakan...

iya lam knl kembali..
follow blog w yah????

mizwar mengatakan...

ada gag cosmetik tuk sow........???

Poskan Komentar