My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Selasa, 12 Juni 2012

Software Bespoke (Custom)

Software adalah perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program maupun aplikasi. RPL merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari kebutuhan pengguna, design, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
produk software yang dikembangkan untuk customer tertenu atau untuk kebutuhan perusahaan,ada 2 produk software:

1. Generic -->dikembangkan untuk dijual keberbagai customer.
2. Bespoke(custom)-->dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan customer yang tertentu.

Disini saya akan sedikit membahas bespoke atau custom adalah software yang dibuat berdasarkan pemesanan atau permintaan sesuai kebutuhan user. Banyak para user atau instansi perkantoran meminta dibuatkan software yang menunjang untuk membuat laporan pekerjaan agar dapat meningkatkan kinerja.
Biasanya para penerima jasa pembuatan software sesuai kebutuhan atau kita dapat bertanya langsung kepada konsultan IT,mereka dapat memberikan masukan atau menjelaskan apa software yang kita butuhkan.

Contohnya:
Instansi perbankan, setiap bagian di perbankan selalu berkaitan antara customer service, teller dan lain sebagainya saling terintegrasi. mereka membutuhkan software khusus untuk menyimpan data nasabahnya dengan baik dan amam.
oleh sebab itu pihak bank membutuhkan sebuah software yang mampu memberikan kemampuan yang dibutuhkan sesuia kebutuhan. Misalnya memerlukan software atau aplikasi database yang berguna untuk menampung data nasabah bank tersebut serta dipelihara sesuai pemakaian. Pihak perbankan akan memesan sebuah software dabase kepada konsultan IT agar mendapatkan software tersebut.

sumber :http://erictomysugiarto.blogspot.com/2011/10/software-custom-dan-software-generic.html

0 komentar:

Posting Komentar