My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 07 November 2010

Pentingnya Paragraf.

 Paragraf merupakan suatu bagian dari sebuah bab yang berisi kalimat-kalimat di mana antar kalimat tersebut memiliki satu unsur keteraturan, kesesuaian, dan kesamaan konsep, materi, dan permasalahan yang dibahas dalam paragraf tersebut. Tidak jarang pada sebuah penulisan suatu karya ilmiah dalam paragraf masih terdapat ketidak sesuaian antara kalimat satu dengan kalimat lainnya yang pada akhirnya hanya untuk menambah atau mencukupi materi secara kuantitatif (bukan dari kualitas isi karya ilmiah tersebut) sehingga pembahasan materi yang dipaparkan menjadi melebar bahkan tidak sinkron dengan materi pokok yang seharusnya menjadi pokok pemaparan.

Penggunaan paragraf setidaknya dapat mempermudah seorang penulis dalam membuat suatu karya ilmiah baik dalam bentuk sederhana maupun kompleks agar pembahasan suatu pokok permasalahan tidak keluar dari topik yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya paragraf, penulis akan lebih mudah mengkategorikan pokok materi  yang akan menjadi pokok pembicaraan pada pemaparan yang dituangkan dalam bentuk paragraf tersebut.

Dalam sebuah paragraf setidaknya terdapat konsistensi pembahasan masalah (topik pembicaraan), dan keterkaitan antar paragraf secara terpadu dan efisien sehingga menghindari adanya materi yang inkonsistensi yang pada akhirnya akan membingungkan pembaca dalam memahami maksud tulisan dalam karya ilmiah tersebut.

Penyusunan dan penulisan suatu karya ilmiah dengan memperhatikan pola pengembangan paragraf akan lebih mudah jika hal ini diperhatikan dan terus dilakukan dalam hal apapun, dengan kata lain sesering mungkin seseorang menyusun dan menulis (tentunya dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku sehubungan dengan paragraf tersebut) suatu karya ilmiah maka akan lebih mudah seseorang tersebut mengerti dan memahami teknik-teknik dan pola penulisan yang baik dan benar sebagaimana dijelaskan pada bab sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar